Senin, 18 Juni 2012

Silaturahim PBM IPB dan FBM UNJ

Untitled Document

PRESS RELEASE
SILATURAHIM PAGUYUBAN BIDIKMISI IPB DENGAN FORUM BIDIKMISI UNJ

Kunjungan Eksternal Paguyuban Bidik Misi IPB 2012 Ke Forum Bidik Misi Universitas Negeri Jakarta, Sabtu 18 Juni 2012.
 

              Pelataran Bank BNI KCP Dramaga merupakan saksi bisu perjuangan tim Paguyuban Bidik Misi IPB menuju Kampus Universitas Negeri Jakarta. Sebelumnya, kami berkumpul di tempat itu diagendakan pukul 06.00 WIB. Namun, karena menunggu banyak anggota yang hadir maka akhirnya jam 07.00 WIB kami baru beranjak dari sana menuju Stasiun Bogor. Dengan menaiki kereta commuter line, kami pun melesat menuju Stasiun Manggarai. Sesampainya di Stasiun Manggarai, kami pun jalan kaki sejenak untuk menunggu metromini nomor 49. Lalu, metromini itu pun kami naiki dan kami pun tiba di Kampus Universitas Jakarta.

                Sesampainya di sana, kami pun disambut oleh mahasiswa Bidik Misi UNJ angkatan 2011 beralmamater hijau. Kami, satu tim yang pergi ke kampus ini ada 17 orang yaitu Ade Nurjaman, Suwarti, Sarifah Rahma, Sara Dwi Rahmani, Laras Lestari, Faisal Rahman, Deri Ferdani Rustanzi, Fazri, Anik Wiati, Eri Irwanta, Muhammad Yunus, Achmad Hamdani, Murni Ngestu Nur’utami, Ninis Fianti, Acep Muhammad, Dedi Nur Aripin dan Deni. Sebelum kami di tempatkan di Aula Perpustakaan UNJ, kami pun diajak berkeliling Kampus A UNJ. Kampus itu terdiri dari Fakultas Keguruan dan Fakultas Non-Keguruan. Tak terasa setelah 20 menit berkeliling, kami pun tiba di Aula Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta.

             Acara itu, dimulai pada pukul 10.30 WIB. Dimulai dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan taujih rabbani, lalu hiburan Bibox oleh dua orang mahasiswa UNJ. Setelah itu, Sambutan pertama diawali oleh Ramadani, Mahasiswa UNJ angkatan 2006 yang memberikan materi tentang pentingnya peranan Mahasiswa bagi Negara Indonesia. Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Forum Bidik Misi UNJ, Muhammad Syarifudin. Selanjutnya, Ketua Paguyuban Bidik Misi IPB, Ade Nurjaman pun memberikan sambutannya. Ceremonial Acara ini diakhiri dengan penyampaian profil dari Forum Bidik Misi UNJ dan Paguyuban Bidik Misi IPB sampai pukul 12.00 WIB. Kami pun melaksanakan shalat dzuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan makan siang bersama.

             Usai makan siang bersama, kami pun bertukar pikiran dan pengalaman tentang pengelolaan Bidik Misi di setiap kampus dan acara-acara yang disuguhkan untuk anggota Bidik Misi dari masing-masing Kampus. Di Paguyuban Bidik Misi IPB sendiri, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang telah diadakan oleh Paguyuban Bidik Misi IPB diantaranya Open House Bidik Misi 48, Semarak Bidik Misi 2011, LKMM PBM 2012, Sayembara Logo PBM 2012, Tutorial Bidik Misi untuk Angkatan 48 dan yang akan datang yaitu Bidik Misi Turun Desa, Program Pembinaan Terpadu Bidik Misi (PPTBM), Open House Bidik Misi 49, Semarak Bidik Misi 2012, dan Tutorial Bidik Misi untuk angkatan 49. Sementara di Forum Bidik Misi UNJ sudah mengadakan berbagai kegiatan diantaranya Pembinaan dalam bentuk kampong Bidik Misi, Donasi sahabat yang dikelola oleh BPH FBM UNJ, Adanya program wajib mengikuti Pelatihan PKM oleh Pembantu Rektor III, Adanya Kegiatan ESQ Inteligen yang diadakan satu tahun dua kali.

              Untuk masalah pengelolaan dana Bidik Misi, UNJ mewajibkan seluruh acara yang diadakan oleh FBM UNJ maupun pihak rektoratnya sendiri. Namun, sayangnya pencairan dana Bidik Misi UNJ tidak semudah IPB. Pasalnya, mereka menerima dana Bidik Misi dalam periode 3 bulan sekali. Bahkan pernah sampai 6 bulan sekali. Selain itu, pencairan dana pun diserahkan langsung tanpa melalui rekening bank. Beda sekali dengan pengelolaan di IPB.


             Musyawarah Nasional Bidik Misi dan Sarasehan Bidik Misi ditunda untuk sementara waktu, mengingat waktu itu masih ada gonjang-ganjing mengenai isu kenaikan BBM yang mengakibatkan presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus mengasingkan diri ke luar negeri sehingga agenda DIKTI pun terpaksa dipending.
Usai sudah kunjungan PBM di FBM UNJ dan semoga hasil dari kunjungan ini bermanfaat untuk kita semua. Kami pun kembali ke Bogor pukul 16.00 WIB dari UNJ.
Suwarti(Sekretaris 1 PBM IPB)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More